Belajar Ngebatik di Genus 2011

Minggu, Tanggal 2 Oktober 2011 merupakan saat yang berkesan bagi saya. Kenapa demikian? Karena pada tanggal itu saya bisa mempelajari berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia di acara GENUS (Gebyar Nusantara) 2011 di IPB. Hal yang paling berkesan pada waktu itu adalah belajar ngebatik. Disana saya diajari cara membuat batik dengan mempraktikkannya sendiri. Walaupun menggunakan alat-alat sekedarnya, hal itu tidak menghambat saya untk ngebatik. Di acara GENUS tersebut saya belajar ngebatik di dua stand yaitu stand omda(organisasi mahasiswa daerah) Yogya dan Pekalongan. Dengan mencoba sendiri ngebatik membuat saya mengerti betapa sulitnya ternyata menghasilkan batik yg indah. Foto disamping ini merupakan hasil karya batik asal-asalan saya, mohon dimaklumi saja karena masih newbie.
Di GENUS 2011 saya tidak hanya belajar ngebatik tapi saya juga mempelajari bagaimana memproduksi rokok secara instant, memegang sasando, memainkan wayang kulit dan wayang golek, serta masih banyak lagi kebudayaan Indonesia yang saya pelajari disana.

Komentar