Keputusan dan Rencana


Management Class-Department of Management, College of Economics and Management, Bogor Aglicuture University.
Lectures Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. (www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb)
Pembuatan Keputusan, Rencana Jangka Pendek dan Panjang
Menentukan sesuatu hal yang mana harus didahulukan merupakan sesuatu yang sangat sulit. Misalnya saja menentukan waktu belajar dan istirahat. Orang-orang lebih memperbanyak istirahat daripada belajar. Padahal belajar merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus lebih diprioritaskan daripada hal lainnya. Meskipun belajar merupakan prioritas, orang-orang tidak boleh melupakan atau meninggalkan kegiatan lainnya, karena “Hidup Ini Harus Seimbang”. Namun dalam menentukan keputusan tersebut kita harus mengidentifikasi masalah, mengembangkan, menganalisis dan menyeleksi sebuah alternatif, implementasi alternatif yang terpilih, evaluasi efektivitas keputusan. Setelah melakukan tahap-tahap tersebut kita akan dapat menentukan keputusan yang tepat.
Rencana jangka pendek yang akan dicapai dalam satu tahun kedepan adalah aktif dalam organisasi dalam kampus. Untuk mencapai tujuan ini akan dilakukan beberapa hal yaitu mulai mengikuti berbagai macam kepanitian yang ada dalam kampus dan memperbanyak teman. Maka dengan melakukan hal-hal tersebut Insya Allah ketika akan masuk organisasi apapun tidak akan susah.
Target yang akan dicapai dalam empat tahun kedepan adalah lulus dari IPB dengan predikat cumlaude. Hal-hal yang akan dilakukan untuk mencapai target tersebut adalah belajar dengan serius dan tekun. Hanya ini satu-satu caranya untuk mencapai tujuan tersebut.

Abrar Setiawan. Departemen Statistika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Komentar