STATIS-TRIP 2012


Tanggal 26 juni 2012 pukul 06.30 WIB, kami mahasiswa Statistika IPB mengadakan field trip ke beberapa lembaga yang ada di Jakarta yang tentunya lembaga tersebut ada hubungannya denga studi kami yaitu Statistika. Adapun lembaga yang kami kunjungi adalah Badan Pusat Statistik(BPS) dan Menkeu.
Tempat yang pertama kali kami kunjungi adalah BPS. Disana kami mendapat sambutan yang ramah. Adapun materi yang diberikan di BPS sangat bagus dan mudah dipahami. Kenapa mudah dipahami? Ya karena materi yang diberikan sudah pernah kami perlajari sewaktu kuliah yaitu pada mata kuliah Metode Penarikan Contoh(MPC). Pembicara dari BPS juga mengenalkan BPS lebih jauh terhadap kami sehingga kami dapat mengenal BPS lebih baik. Informasi yang baru saya ketahui setelah menyimak pembicara dari BPS ini adalah ternyata cuma ada tiga sensus di Indonesia ini yaitu sensus penduduk, sensus pertanian, dan sensus ekonomi yangmana setiap sensus mempunyai kode tahun tersendiri yaitu 10,6,4 klo nggak salah ya...shishishi
Kunjungan ke BPS sangatlah menambah wawasan.
Lalu tempat kedua yang kami kunjungi pada hari yang sama tetapi pada jam yang berbeda yaitu Menkeu. Disana kami juga disambut dengan sangat ramah, saking ramahnya kami disediakan lift khusus untuk pergi ke lantai gedung yang kami tuju. Materi yang disampaikan disana cukup berat karena pembicara menjelaskan mengenail akutansi yang dihubungkan dengan statistika. Pokoknya intisari dari materi mereka adalah Goverment Finance Statistic(GFS) yang saya juga kurang mengerti apa maknanya...:)
Pokoknya STATIS-TRIP 2012 sangatlah seru dan menyenagkan, sangat menambah wawasan.


























Komentar